logo

MPR RI Micro Site

Sabtu, 22 September 2018 | Edisi : Indonesia
Sosialisasi Empat Pilar

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan : Kita Semua Pancasila, Kita Semua Indonesia

Sabtu, 26 Agu 2017 - 21:03:59 WIB
M Anwar , TEROPONGSENAYAN
2220170826_195314.jpg
Sumber foto : Istimewa
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan

BEKASI (TEROPONGSENAYAN)--Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, mengajak semua pihak bersyukur karena bangsa Indonesia memiliki Pancasila. Menurut dia sudah bukan waktunya lagi membeda-bedakan suku, agama maupun latar belakang, sebab semua bangsa Indonesia memiliki Pancasila.

"Sudah bukan waktunya lagi membeda bedakan suku, agama, dan latar belakang. Kita semua Pancasila, kita semua Indonesia," ujar Zulkifli Hasan.

Ketua MPR RI mengatakan hal itu dalam Pidato Kebangsaannya pada acara 'Temu Kangen Alumni dan Diskusi Panel Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana', di Pendopo Unkris, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (26/8/2017).

Bagi Zulkifli, sekarang waktunya Pancasila menjadi perilaku dalam kehidupan sehari hari maupun dalam perundang-undangan yang tegas berpihak pada rakyat. Sebab, menurut dia, salah satu syarat menjadi bangsa maju adalah nilai-nilai yang dipegang bersama. Dia mengajak semua pihak bersyukur karena bangsa Indonesia memiliki Pancasila.

Syarat lainnya setelah nilai-nilai, kata Zulkifli, yaitu saling percaya. Rakyat percaya dengan pemerintahnya dan sebaliknya pemerintah percaya pada rakyatnya tanpa curiga. "Kepercayaan akan muncul kalau kebijakan pusat sampai daerah berlaku adil untuk semua. Kebijakan yang sebenar benarnya memperhatikan nasib rakyat," kata Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Syarat ketiga adalah ilmu pengetahuan. Zulkifli berharap kampus sebagai lembaga pendidikan terus mengajarkan inovasi, kreativitas, dan mempersiapkan mahasiswa untuk bersaing di tingkat global. "Masa depan direbut dengan ilmu pengetahuan. Inilah peran strategis kampus menyiapkan sumber daya manusia untuk bersaing di tingkat global," kata dia.

Hadir dalam acara tersebut, Rektor Unkris, Abdul Rivai, Ketua Ikatan Alumni FE Unkris Prof Mahmuddin Yasin, Pembina Ikatan Alumni Abdul Latief dan Syaief Hasan, ratusan alumni, dan civitas akademika FE Unkris.(dia/dbs)