logo

MPR RI Micro Site

Minggu, 24 Juni 2018 | Edisi : Indonesia
Berita

Pekan Konstitusi, MPR Gelar Lomba Debat dan Constitutional Drafting

Minggu, 27 Agu 2017 - 08:51:22 WIB
M Anwar, TEROPONGSENAYAN
66martin-hutabarat.jpg
Sumber foto : Istimewa
Martin Hutabarat

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Badan Pengkajian MPR menggelar lomba debat konstitusi tingkat nasional dan constitutional drafting.

Ajang yang diikuti para mahasiswa dari sejumlah uniersitas di Indonesia itu digelar dalam rangka Pekan Konstitusi MPR tahun 2017 di Plaza Nusantara V, Sabtu (26/8) di Kompleks MPR, DPR dan DPD.

Pimpinan Badan Pengkajian MPR Martin Hutabarat mengatakan, lomba itu merupakan salah satu cara yang dilakukan MPR untuk melakukan kaderisasi terhadap intelektual muda. Tujuannya agar lebih mudah memahami sistem ketatanegaraan atau sistem konstitusi Indonesia.

"Diperlukan intelektual muda seperti itu untuk masa depan bangsa," katanya.

Menurut Martin, badan pengkajian selalu hadir pada babak penyisihan lomba untuk seleksi regional.

"Para mahasiswa ini sangat serius dan memiliki semangat tinggi. Ini patut menjadi contoh baik generasi muda kita," kata Martin yang membuka acara lomba debat konstitusi dan constitutional drafting.

Sekjen MPR Ma'ruf Cahyono dalam sambutannya mengatakan, lomba ini diharapkan akan membawa manfaat dalam tataran konsep sebuah kompetisi untuk saling memberikan wacana atau melakukan argumentasi terkait konstitusi.

"Yang akan membangun intelektualitas, daya kritisi dan bagaimana cara membuat draft regulasi khusus konstitusional," katanya.

Finalis Lomba Debat Konstitusi yakni, Universitas Pattimura, USU Medan, Universitas Hasanuddin, Universitas Udayana Bali, UIN Wali Songo Semarang, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Universitas Brawijaya, Universitas Padjajaran, Universitas Airlangga dan Universitas Katolik Parahyangan.

Selain itu, Constitutional Drafting, finalisnya dari Universitas 11 Maret, Universitas Indonesia, Universitas Pelita Harapan, Universitas Diponegoro, Universitas Katolik Parahyangan dan Universitas Padjajaran. Dan para finalis ini akan mulai melakukan lomba pada Senin, 28 Agustus 2017.(yn)