logo

MPR RI Micro Site

Selasa, 13 November 2018 | Edisi : Indonesia
Berita

MPR Imbau Krisis Rohingya Tak Dibawa ke Ranah Agama

Senin, 04 Sep 2017 - 12:15:59 WIB
Sahlan Ake, TEROPONGSENAYAN
27Zulkifli-Hasan.jpg
Sumber foto : ist
Ketua MPR Zulkifli Hasan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Ketua MPR Zulkifli Hasan mengimbau krisis Rohingya, Myanmar, tak dibawa-bawa ke ranah agama dan umat beragama.

Menurut dia, apa yang terjadi di Rohingya jangan dibawa-bawa ke ranah agama, karena umat Budha dan Hindu di Indonesia juga mengutuk tragedi kemanusiaan itu.

"Saya pernah menjadi menteri kehutanan, satu orangutan dan harimau mati, dunia geger. Lalu apa yang terjadi terhadap etnis Rohingya adalah ribuan orang meninggal akibat krisis kemanusiaan," katanya, di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (4/9/2017).

MPR, kata dia, mendukung penuh langkah Presiden Joko Widodo dan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, yang bekerja keras membantu saudara sesama anggota ASEAN menghadapi tragedi kemanusiaan di Myanmar.

Menurut dia, langkah pemerintah Indonesia dalam mengupayakan perdamaian di Myanmar itu sudah dilakukan sehingga tinggal menunggu respons dunia internasional. Langkah Indonesia tentang hal tersebut sangat strategis karena menggalang dukungan dunia, di antaranya PBB, ASEAN, dan Organisasi Kerja Sama Islam, untuk menekan Myanmar menghentikan krisis kemanusiaan.

Sebelumnya Zulkifli juga mendesak pemerintah mengusir Dubes Myanmar untuk Indonesia menyusul tragedi pembantaian etnis Muslim Rohingya.Di sisi lain, Zulkifli mendukung langkah pemerintah yang telah mengirim bantuan logistika kepada rakyat Rohingya.

Menurut Zulkifli, Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) meminta Pemerintah Indonesia menarik pulang Duta Besar RI di Myanmar. Sebaliknya, pemerintah juga diminta mengusir Duta Besar Myanmar untuk kembali ke negaranya.

"Pemerintah punya sikap sendiri. Fraksi PAN kan keras suruh usir dubesnya," tegasnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/9/2017). (plt)