logo

MPR RI Micro Site

Rabu, 12 Desember 2018 | Edisi : Indonesia

Oesman Sapta Disambut Tarian Soya-Soya di Ternate

Rabu, 27 Des 2017 - 21:00:00 WIB
M Anwar, TEROPONGSENAYAN
16Oesman-Sapta-Tarian.jpg
Sumber foto : Humas MPR
Kunjungan Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang ke Ternate, Maluku Utara, Selasa (26/12/2017)

TERNATE (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Oesman Sapta, Selasa (26/12/2017) sekitar pukul 19.45 WIT mendarat di Bandara Sultan Babullah Ternate, Maluku Utara. Begitu tiba Oesman Sapta yang juga Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) langsung disambut tarian Soya-soya, sebuah tarian adat Ternate dalam menyambut tamu kehormatan yang pertama kali menjejakkan kakinya di Ternate. Tarian ini dibawakan oleh tujuh orang penari laki-laki, yang dalam sejarahnya Soya-Soya adalah tari perang.

Para penari yang diiringi tetabuhan kemudian mengantarkan tamu kehormatannya, Oesman Sapta, menuju ke kursi beralaskan kain putih. Oesman Sapta kemudian dipersilahkan duduk di kursi, dan di sini sang tamu kehormatan sedangkan mengikuti ritual Jokokaha, yang berarti jejak tanah. Untuk upacara  ini dibantu oleh empat orang puteri Ternate yang mengenakan pakaian adat. Ritual ini diakhiri pembacaan Rorosa (doa) yang dipimpin oleh tokoh adat Ternate asal Sumatera Barat, Supriyadi.

Dengan berakhirnya ritual ini maka Oesman Sapta secara resmi memulai aktivitasnya selama kunjungan dua harinya di Ternate. Kunjungan kerjanya diawali, malam ini juga, yakni hadir dalam perayaan Natal di Gereja Masehi Injili di Halmahera (GMIH) Jemaat Ebeen Haezer di Jalan Arnold Monotutu Kota Ternate. Di gereja ini, Oesman Sapta disambut oleh pendeta Abraham Ugu dan para jemaat gereja.

Usai mengikuti acara itu, kepada para wartawan Oesman Sapta menegaskan, pada waktu bangsa ini berjuang di pentas 1945 tidak ditanya apa agamamu, apa warna kulitmu, apa asal usulmu. Tapi, yang ada, menurut Oesman Sapta, satu keputusan rakyat Indonesia tidak mau dijajah dan mau merdeka. "Jadi, semuanya berjuang untuk kemerdekaan Indonesia," tegas Oesman Sapta seperti dalam siaran persnya.

Besok, sepanjang Rabu (27/12), Oesman Sapta masih melakukan serangkaian acara di Ternate, antara lain mengunjungi beberapa pasar dan bertatap muka dengan para pedang di sana.(yn)