logo

MPR RI Micro Site

Kamis, 16 Agustus 2018 | Edisi : Indonesia

Oesman Sapta: Potensi Gebu Minang Sangat Besar

Selasa, 13 Peb 2018 - 11:19:32 WIB
Bara Ilyasa, TEROPONGSENAYAN
91oesman-sapta3.jpg
Sumber foto : Humas MPR
Oesman Sapta Odang

PADANG (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua MPR Oesman Sapta menghadiri pelantikan Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat di Hotel Kyriad, Padang, Kamis malam (8/2/2018). Ketua Umum DPP Gebu Minang itu mengingatkan kepada para pengurus Gebu Minang se-Sumatera Barat besarnya potensi orang Minang.

OSO, sapaan Oesman Sapta, mengungkapkan, orang Minang di Indonesia dan di luar negeri mencapai 16 juta orang.

"Saya pikir jumlah anggota Gebu Minang hanya sekitar 5 sampai 6 juta orang. Ternyata orang Minang di Indonesia dan di luar negeri mencapai 16 juta orang," ungkapnya.

Menurut OSO, jumlah anggota Gebu Minang yang besar itu turut mewarnai kepentingan nasional. Dulu, anggota Gebu Minang mengumpulkan uang Rp 1.000 untuk membangun desa-desa di Sumatera Barat.

"Bayangkan. Sekarang iuran anggota Gebu Minang Rp 10.000. Maka bisa terkumpul uang sekitar Rp 150 miliar setiap tahun," ujarnya.

Karena itu OSO menyebutkan, kebangkitan Minang adalah juga kebangkitan nasional. Dia berharap anggota Gebu Minang bisa mewarisi semangat Bung Hatta sebagai tokoh pergerakan nasional dari Minang.

"Organisasi Gebu Minang adalah organisasi yang besar. Orang Minang bisa beradaptasi, berkompetisi dan berkawan. Itulah keunggulan orang Minang. Orang Minang selalu menghitung langkah ke depan," katanya.

Melalui organisasi Gebu Minang, OSO ingin Minangkabau menjadi maju dan mengembangkan Minang sebagai pusat turisme.

"Kenapa Minang belum bisa menjadi pusat turisme seperti Bali? Padahal Minang memiliki potensi kekayaan alam dan budaya. Kedatangan wisatawan ke Minang bisa mengangkat perekonomian daerah," katanya.(yn)