logo

MPR RI Micro Site

Rabu, 12 Desember 2018 | Edisi : Indonesia

Wakil Ketua MPR Apresiasi 'Gerbang Pancasila' Tanjung Redeb

Rabu, 23 Mei 2018 - 22:36:38 WIB
Enjang Sofyan, TEROPONGSENAYAN
3IMG-20180523-WA0013.jpg.jpg
Sumber foto : Humas MPR RI
Mahyudin melihat secara langsung “Gerbang Pancasila” di kantor Kecamatan Tanjung Redeb, sebelum mengakhiri kunjungan di Berau, Rabu (23/5/2018)

BERAU (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua MPR Mahyudin mengapresiasi “Gerbang Pancasila” yang dilakukan Kecamatan Tanjung Redeb, Berau, Kalimantan Timur. Mahyudin menyempatkan untuk melihat secara langsung “Gerbang Pancasila” di kantor Kecamatan Tanjung Redeb, sebelum mengakhiri kunjungan di Berau, Rabu (23/5/2018).

Memasuki kantor Kecamatan Tanjung Redeb, pengunjung disambut dengan tulisan “Gerbang Pancasila” di pintu gerbang kantor. Tidak hanya itu, ada nuansa cinta Tanah Air di beberapa sudut kantor, di antaranya warna atap kantor yang dicat dengan Merah Putih, dan simbol NKRI. Beberapa foto juga dipajang untuk menggambarkan tentang Pancasila dan slogan-slogan tentang sila-sila Pancasila.

Mahyudin mengaku bangga dengan ide “Gerbang Pancasila” yang dilakukan camat Kecamatan Tanjung Redeb, Yudha Budi Santosa. “Ini merupakan kreativitas dari seorang camat Tanjung Redeb yang merasa bahwa negara ini memerlukan penguatan nilai-nilai Pancasila agar menjadi perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Media Gerbang Pancasila ini cukup bagus,” katanya. 

Menurut Mahyudin, Camat Tanjung Redeb mencoba mensosialisasikan Empat Pilar MPR dengan cara yang mudah dilihat dan dipahami. Media “Gerbang Pancasila” ini dapat memberikan pembelajaran kepada masyarakat tentang arti penting Pancasila itu sendiri. “Gerbang Pancasila ini lebih kepada Sosialisasi Empat PIlar MPR secara visual sehingga masyarakat bisa melihat langsung garis-garis besar nilai-nilai Empat Pilar itu,” ujar Mahyudin. 

Camat Tanjung Redeb, Yudha Budi Santosa menjelaskan “Gerbang Pancasila” merupakan singkatan dari Gerakan Bangga dan Gerakan Kebangkitan Pancasila. Ide mencetuskan “Gerbang Pancasila” ini berangkat dari keprihatinan terhadap kurang dihayati dan diamalkannya nilai-nilai Pancasila akhir-akhir ini. Untuk itu Yudha ingin mengajak kembali membangkitkan Pancasila melalui “Gerbang Pancasila”.

“Kita ingin menumbuhkan kembali bahwa Pancasila itu adalah pemersatu kita. Ini juga bagian dari tugas kami sebagai amanat dari Menteri Dalam Negeri bahwa kecamatan diharapkan sebagai tempat yang pertama untuk mensosialisasikan kembali Pancasila itu,” katanya.

Ke depan, Yudha akan melengkapi kantor kecamatan dengan penggalan dari lima sila Pancasila dan diuraikan satu per satu dalam bentuk spanduk, baliho, dan sebagainya. “Sehingga warga Berau yang masuk ke dalam lingkungan kantor kecamatan diharapkan dapat mengamalkan nilai-nilai Pancasila,” harapnya.(yn)