logo

MPR RI Micro Site

Rabu, 12 Desember 2018 | Edisi : Indonesia

Duka Sulteng, MPR Salurkan Bantuan Satu Truck Kebutuhan Darurat dan Uang Ratusan Juta

Rabu, 03 Okt 2018 - 23:41:28 WIB
Bara Ilyasa, TEROPONGSENAYAN
12IMG-20181003-WA0012.jpg
Sumber foto : Humas MPR RI
Truck besar berwarna biru berpadu kuning itu terlihat tertutup terpal. Di sisi kiri, kanan, dan depan truck terpasang banner bertuliskan MPR Peduli Gempa dan Tsunami Palu-Donggala.

PALU (TEROPONGSENAYAN)--Truck besar berwarna biru berpadu kuning itu terlihat tertutup terpal. Di sisi kiri, kanan, dan depan truck terpasang banner bertuliskan 'MPR Peduli Gempa dan Tsunami Palu-Donggala'. Kedatangan truck di bandara Mutiara Sis Al Jufri, Kota Palu, Sulawesi Tengah, itu seiring dengan ketibaan Ketua MPR Zulkifli Hasan di Palu, Rabu (3/10/2018). Kedatangan Zulkifli Hasan ke sana untuk menyalurkan bantuan.

Truck itu menurut Zulkifli Hasan berisi tenda, selimut, makanan, minuman, dan kebutuhan mendesak masyarakat lainnya. Bantuan yang diberikan kepada korban gempa dan tsunami Palu-Donggala-Sigi menurut Zulkifli Hasan tak hanya barang yang dibutuhkan dalam situasi darurat. Diungkapkan MPR juga menyumbang uang tunai. Dirinci, dirinya menyumbang uang sebesar Rp200 juta, klub motor yang dibina menyumbang Rp36,8 juta, dan Korpri MPR Rp12,1 juta. Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan kepada tokoh masyarakat Sulawesi Tengah, Pak Oscar. Atas bantuan yang diterimanya, Pak Oscar mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh MPR. "Mudah-mudahan MPR mendapat balasan dari Allah", tuturnya.

Semua sumbangan yang diberikan menurut Zulkifli Hasan bukti dirinya mengajak semua orang untuk saling mengasihi, mendukung, dan membantu bagi yang tertimpa musibah. "Mari kita bantu mereka dengan ikhlas", ajaknya. "Mari bersatu untuk mereka yang perlu ditolong", ujarnya. Apa yang terjadi di Sulawesi Tengah bahkan sampai di beberapa daerah di Sulawesi Barat itu diharap dijadikan momentum untuk bersatu bagi masyarakat untuk bersama dan berbagi.

Dalam kunjungan ke titik-titik gempa, Zulkifli Hasan merasa trenyuh dan sedih melihat ada kampung yang ambles akibat gempa berkekuatan magnitudo 7,4 itu. Bencana yang demikian menurutnya bentuk ketidakberdayaan manusia. "Inalillahi wa'inalillahi rojiun", dirinya melafalkan doa. Ia mengajak kepada semua untuk mendoakan kepada korban yang meninggal dunia.

"Semoga yang meninggal diterima di sisi Allah", doa mantan Menteri Kehutanan itu. "Semoga kesalahannya diampuni oleh Allah", tambahnya. Dirinya juga berharap warga yang ada di Palu, Donggala, dan Sigi diberi kekuatan, pertolongan, dan perlindungan oleh Allah.(yn)